Tumbuh Kembang Anak



Membahas tentang tumbuh kembang anak pastilah membahas segala hal yang mencakup asupan gizi dan perkembangannya, tidak dipungkiri terkadang kita sebagai orang tua masih sangat minim ilmu pengetahuan atau informasi bagaimana agar anak mendapat apa yang ia butuhkan untuk masa perkembangan.

Dengan asupan gizi yang baik anak akan mendapatkan apa yang dibutuhkan supaya pertumbuhannya optimal.
Bagaimana agar asupannya terpenuhi yakni dengan memberikan sumber protein, karbohidrat, sumber vitamin, karbohidrat, zat besi, mineral dan serat.


Di setiap tahap perkembangan anak, pasti sebagai orang tua menemukan kendala atau tantangannya sendiri, sedangkan ia harus mendapatkan nutrisi untuk menunjang seluruh kinerja dalam menjalani aktifitas fisiknya.

Seperti anak saya Shareen yang sudah mulai aktif diusianya yang ke 1 tahun, selain makanan utama ia membutuhkan cemilan sehat. disinilah sebagai orang tua harus pintar dalam hal mengolah makanan atau memberi cemilan pengganti makanan utama.
tetapi apa yang disajikan tetap sesuai dengan usia dan asupan gizinya.


Zat gizi berupa karbohidrat merupakan penghasil energi dan menunjang aktifitas hariannya yang sudah mulai aktif bergerak seperti shareen, biasanya membutuhkan 1300 kkal per harinya. Contohnya seperti nasi dan roti, agar anak tidak mudah bosan ganti dengan varian menu yang berbeda.

Protein berfungsi memperbaiki sel tubuh, membangun dan menghasilkan energi yang dibutuhkan sikecil sebesar 35 gram protein per hari. Sedangkan vitamin dan mineral sebaiknya banyak mengandung iodium, kalsium, zinc, asam folat, zat besi, vitamin A, B, C, D, E dan K.
Vitamin dan mineral itu sendiri berperan
dalam perkembangan motorik, pertumbuhan, kecerdasan, serta menjaga agar tubuh sikecil senantiasa selalu sehat.

Oh ya, fungsi mineral yang terdapat pada magnesium manfaatnya dapat mengoptimalkan penyerapan gizi pada tubuh anak. jadi sebagai orang tua jangan ragu memberikan makanan sehat pada anak, contohnya jagung, kuning telur, ikan, daging sapi, wortel, susu, udang, serta juga bisa diberikan berupa biji - bijian, kacang - kacangan, dan lain sebagainya.

Pemberian gizi pada anak tentunya harus tepat, artinya :
▪ Tepat dalam tahap perkembangannya, dalam hal ini kebutuhan kalori berdasarkan berat badan dan usia anak.
▪ Tepat atau sesuai porsinya, disini dalam artian berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) hariannya.
▪ Tepat kombinasi gizinya yaitu kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin serta kebutuhan cairan sikecil yaitu 1-1,5 liter per hari.

Memang secara prakteknya tidaklah mudah, karena anak saya shareen terkadang sulit makan. hal tersebut membuat saya sebagai orang tua harus memberi makanan yang bervariasi agar shareen tidak mudah bosan.
memberi asupan yang bernutrisi juga dapat membantu agar anak sehat, kuat, memiliki kemampuan otak yang sempurna sehingga kelak ia tumbuh dewasa menjadi pintar.


Jadi sebagai orang tua harus membaca dari berbagai sumber agar sebagai orang tua mengetahui pengetahuan seputar gizi untuk tumbuh kembangnya.

Serta jangan lupa rutin posyandu yang diadakan 1 bulan sekali, akan banyak informasi yang didapat. membuat kita kaya informasi serta memahami apa yang dibutuhkan sikecil untuk tumbuh kembangnya.

Semoga bermanfaat! 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kesehatan & Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Kreasi Bunda Ayeen dan sikecil

Mantapkan SDM dengan Tingkatkan Harga Beli Sawit