Menjaga Kesehatan & Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

 


Hai mom, apa kabar di masa pandemi ? Semoga kita selalu sehat ya.

Pastinnya udah tau dong ya di masa pandemi sekarang menerapkan pola hidup sehat itu sangat penting, terlebih lagi bila cuaca juga suka berubah ubah. Apalagi sebagai istri sekaligus seorang ibu aku harus ekstra lagi menjaga kesehatan keluarga terutama sikecil.

Nah biasanya aku selalu memilih menu sehat serta rutin minum air putih agar nggak dehidrasi, seperti yang kita ketahui kalau manfaat minum air putih banyak banget untuk kesehatan tubuh kita seperti :

🔹 Perlancar Saluran Pencernaan

Kita ketahui bahwa asupan air putih yang cukup dapat memperlancar saluran pencernaan dalam bekerja, sehingga kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.

Itu karena air dapat melarutkan mineral, vitamin, glukosa, dan zat gizi lainnya agar dapat dihantarkan kesetiap sel, sehingga sel berfungsi dengan baik.

🔹 Percepat Proses Penyembuhan Saat Sakit

Nah buat kamu atau anggota keluarga sedang sakit, ada baiknya rutin minum air putih ya. Karena ketika sakit, sel - sel yang ada di dalam tubuh akan bekerja secara otomatis melawan bakteri, kuman dan sumber penyakit lainnya.

Dengan kita konsumai air putih yang cukup, proses ketika sel melawan penyakit akan berlangsung lancar dikarenakan sel dalam tubuh telah mendapat asupan air dengan cukup sehingga lebih mudah melawan sumber penyakit tersebut.

🔹 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mom pernah dengar gak kalimat ' Mencegah lebih baik dari pada mengobati ?'  nah tentu dengan rutin minum air putih secara teratur dapat mencegah terjangkitnya tubuh dari penyakit (bakteri, kuman,dan virus lainnya).

Mengapa ? Karena air putih dapat membentuk sistem kekebalaan tubuh yang lebih kuat.

🔹 Percepat Proses Metabolisme

Buat mom yang punya rencana menurunkan berat badan bisa dicoba nih, dengan rutin minum air putih doang.

Loh emang bisa ? Ya insya Allah dengan niat pasti bisa dong, karena air putih dapat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh yang dikenal dengan istilah Resting Energy Expenditure (REE). Yang dimaksudkan dengan REE itu sendiri yaitu merupakqn proses dimana tubuh sedang tidak beraktifitas fisik dengan metabolisme konstan, akan membantu dalam penurunan berat badan.

Eit's tapi disamping itu tetap makan asupan gizi lainnya ya agar apa yang diinginkan tercapai ditambah lagi luangkan waktu untuk berolahraga juga.

🔹 Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Aku jadi ingat pengalaman hamil anak pertama dulu, dokter kandunganku juga menyarakan supaya rutin minum air putih dengan baik. Manfaatnya untuk mencegah ibu hamil dari berbagai penyakit salah satunya kelelahan dan mual.

Nah itu tips dari aku agar kita selalu menjaga kesehatan agar selalu fit ya, apalagi di masa pandemi akan lebih ekstra lagi dalam menjaga kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan jangan lupa minum air putihnya juga ya. Bye......



Komentar

  1. Tips ini sangat ampuh ya moms, aku terus secara rutin minum air putih Krn sangat bagus utk kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, biar gak dehidrasi juga kalau cuaca lagi ekstrim

      Hapus
  2. penting banget minum air putih, tiap hari aku kasi tau anak-anak untuk minum air putih. mumpung masih bisa, sebab kalau sudah sakit ginjal, na'udzubillah, malah ga bisa minum banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik menjaga kesehatan sedari dini ya kak, supaya kita pun terhindar penyakit

      Hapus
  3. Memang penting banget minum air putih. Alhamdulillah, udah membiasakan bawa bekel sebotol air putih kalo pergi-pergi. Kalo ternyata kurang, nah baru beli deh. Kan nggak mungkin bawa air putih segalon ya :D Kapan ya kita bisa kayak di luar negeri, ada keran air minum gratis di mana-mana.

    BalasHapus
  4. Aku jadi inget diet yang diterapkan salah satu artis Indonesia. Salah satunya adalah dengan rutin minum air minimal 8 gelas sehari. Fungsinya selain menghambat lapar, juga melunturkan hal-hal jelek yang ada di tubuh. Kaya racun..
    Tapi memang kalau sering minum air mineral, bosen juga yaa.. gak berasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya selain air mineral,asupan yang lain juga penting dong. Agar terpenuhi nutrisi untuk tubuh

      Hapus
  5. Minum air putih memang paling banyak dirasakan manfaatnya. Jadi inget sewaktu harus ngurangin BB, saya membiasakan minum air putih hangat setelah bangun tidur. Selebihnya ttp konsumsi sesuai takaran, atau diberi irisan buah biar lebih berasa :)

    BalasHapus
  6. Air putih ini memang bagus banget, buat kita yang gemuk aja diwajibkan minum air putih seusai kebutuhan tubuh. Karena mampu melarutkan lemak juga.

    BalasHapus
  7. Minum air putih juga bagus lho untuk kesehatan kulit agar selalu lembab terhidrasi, apalagi yang kulitnya kering dan sering bermasalah ini, rajin minum air putih itu wajib meski masih sering gak sampai 2 liter per hari.

    BalasHapus
  8. Setuju banget aku Mba, air putih adalah kunci untuk menjaga kesehatan kita deh. Aku juga mengajarkan sama anak-anak untuk ngga lupa minum air putih.

    BalasHapus
  9. Berasa banget pas saluran cerna terganggu. Tersiksa dan tidak bisa makan. Menjaga pola hidup sehat memang bagus

    BalasHapus
  10. Waktu aku hamil dulu pernah merasakan dehidrasi karena kurang asupan cairan, setelah itu kapok bgt dan mulai banyakin air putih

    BalasHapus
  11. minum air putih sangatlah penting 8 gelas sehari, begitu penting nya minum air putih, karena bila kekuarang minum air putih bisa dehidrasi dan akibatnya fatal

    BalasHapus
  12. Aku sehari bisa lebih dari 2 liter minum air putih, klo kurang minum langsung terasa agak pusing dan kering tenggorokan.. Apalagi waktu hamil duhhh ekstraaaaa banget deh minum wajibbb penting bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos kitaa.. Saya malah mempersiapkan tumbler yang 2 liter di dekat saya. Biar kalau minun ga jauh2. Jadi airputihnya terukur. Malah kadang suka nambah. Hahaha..

      Hapus
  13. Indikator kalau badan aku lagi ga enak juga langsung kedetect kalau lagi kurang minum air putih

    BalasHapus
  14. Aku usahain minum air putih tiap hari. Tapi bolak balik pipis :D ya gpp sih.. namanya biar sehat ya

    BalasHapus
  15. Air bening emg dibutuhin semua orang, apalagi ibu hamil ya. Aku juga mulai biasakan diri utk banyak minum air bening dan kurangi minuman manis aplg soda. Kesehatan memang harus dijaga supaya hidup sentosa.

    BalasHapus
  16. Minum air putih memang penting, selagi masih bisa minum banyak kalau sudah sakit malah nanti dibatasi. Jangan sampai deh. Aku juga jarang minum es, air putih adem atau hangat biasanya. Bangun tidur juga minum air putih katanya bagus.

    BalasHapus
  17. Setuju, mba karena memang di masa pandemi ini tubuh sehat dibutuhkan banget buat melawan virus jahat ya. Dan tubuh sehat didapat dari pola hidup yang sehat deh

    BalasHapus
  18. Setuju banget yang namanya air putih tu penting banget supaya tidak mengalami dehidrasi dan banyak manfaat lainnya ya mbak.
    Kalau di rumah aku menakar air minumku pakai botol air yg literan itu jd bisa menghitung air yg aku konsumsi.

    BalasHapus
  19. Saya ni termasuk yg kurang suka air putih. Gak baik sebenernya utk ginjal dan berat badan sya susah turun kalau kurang air putih. Bismillah coba utk rutin lagi minum air putih

    BalasHapus
  20. Anjuran dokter kandungan aku ketika hamil kemarin adalah harus minum minimal 2 liter. nggak boleh kurang, lebih gapapa. Makanya sampe belain beli botol minum ukuran 2 liter biar memastikan asupan airnya cukup. Akhirnya kebiasaan ini terbawa sampai sekarang. Cuma ya karena aku kurang olahraga jadinya berat badan belum turun juga. hihi

    BalasHapus
  21. Aku juga udah mau sebulan ini rutinin minun air putih, soalnya dulu males. Emang bener pencernaan jadi lancar dan sering BAB. Berat badan juga turun.

    BalasHapus
  22. Kerasa banget pas positif covid tenggorokan rasa kebakaran akhirnya menyadari pentingnya minum air putih semoga sll sehat ya

    BalasHapus
  23. Air putih emang wajib banget ya mba buat hidrasi tubuh kita. Kita sanggup seharian nahan lapar, tapi nahan haus? Aku mah ga bisa 😅

    BalasHapus
  24. Minum air mineral dengan rutin banyak manfaatnya yaa..
    Aku suka koreksi diriku sendiri yang jarang minum sehingga sering susah BAB. Huhu...sedih banget.

    BalasHapus
  25. Berarti udah pas dong ya apa yang saya lakukan. Aaya rutin minum air putih setiap hari, bukan pengen turun BB sih, tapi memang ingin sehat aja. Makasih tipsnya mam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, intinya dapat sehatnya ya,kalau BB turun sih itu nilai plus nya. Hehehe

      Hapus
  26. Padahal minum air putih itu mudah dan gratis tapi kalau lagi sibuk lupa minum air putih

    BalasHapus
  27. Aku berhasil nurunin BB dan ngurangin minuman kemasan karena banyak minum air putih. Kulit juga jadi lembab alami. Yuk rajin minum air putih!

    BalasHapus
  28. Anak saya nih kurang suka minum air putih. Susuuuu mulu. Akhirnya saya siasati boleh minum susu kalo habis air putih segelas. Hihi. Masih bertahap nih, moga2 dia bs doyan minum air putih

    BalasHapus
  29. Cukupi kebutuhan minum air putih memang banyak manfaatnya. Gak hanya menghilangkan dahaga, khasiatnya yang besar untuk kesehatan tubuh

    BalasHapus
  30. Bener banget tuh emang wajib banget jaga kondisi tubuh biar selalu sehat..
    Apalagi seorang ibu yang bertanggung jawab akan kesehatan anggota keluarganya..

    BalasHapus
  31. Sekarang aturan minum air putih sehari aku naikkan dari 2 liter jadi 3 liter sehari karena menyusui

    BalasHapus
  32. Ternyata manfaat minum air putih banyak banget ya. Sayang orang sering lupa dan kurang terpenuhi kecukupan air putihnya. Aku pun suka lupa juga, harus dibiasakan memang. Biar hidrasi tubuh terpenuhi.

    BalasHapus
  33. yes minum air putih juga bantu mempercepat pembakaran lemak juga kan, sebetulnya aku susah banget minum banyak air putih akhirnya coba pake infuse water deh lumayan banget bikin lebih banyak minum air putih

    BalasHapus
  34. Semenjak aku minum air putih kurang lebih 2liter sehari, tubuh dan kulitku jadi terlihat sehat bun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreasi Bunda Ayeen dan sikecil

Mantapkan SDM dengan Tingkatkan Harga Beli Sawit