Mantapkan SDM dengan Tingkatkan Harga Beli Sawit


Sawit...
Mendengar kata tersebut pasti terlintas di pikiran olahan minyak. Ya sawit bisa diolah menjadi minyak goreng yang biasa kita gunakan untuk menumis, menggoreng, dan lain sebagainya. Tumbuhan sawit juga dapat kita jumpai dimana-mana terutama iklim tropis seperti di Indonesia, selain itu sawit juga ditanam di daerah yang berada di pedalaman bukan di pertengahan ataupun pusat kota. Sebab, tanaman tersebut cocok berada di lahan yang luas.

Disini, khususnya Bengkulu mayoritas penduduknya berkebun sawit, karena perawatannya tidaklah begitu sulit dan memanen buahnya juga tidak terlalu lama, yakni hanya jarak 2 (dua) minggu sekali (jarak masa panen).


Buah sawit dengan kualitas yang baik akan mendapatkan mutu yang bagus pula, begitu juga dengan harga jualnya. Akan tetapi, di daerah saya harga sawit bisa terbilang masih rendah, dimana itu terjadi sekitar tahun 2018. Harga sawit di daerah saya khususnya Seluma tidak menentu, dan juga tidak didukung dengan harga kebutuhan pokoknya. Dimana dengan harga sawit yang terbilang masih rendah berbanding terbalik dengan harga kebutuhan sehari-hari yang masih cukup mahal. Sehingga, untuk membeli kebutuhan sembako masih terasa cukup memberatkan, yang seharusnya seimbang agar masyarakat dapat menjangkau harga tersebut.

Apalagi berkebun sawit menjadi mata pencarian utama di daerah tempat tinggal Saya, yang secara tidak langsung bukan hanya kebutuhan pokok dapur saja yang harus terpenuhi tetapi kebutuhan lainnya juga. 

Meskipun berada di pedesaan, tetapi kami juga menginginkan atau berharap kehidupan yang layak,  dengan diadakannya fasilitas umum yang memadai, dan harga sawit yang sesuai dengan harga kebutuhan pokok di pasaran. Supaya kami mendapat kehidupan yang layak meskipun berada di pedesaan sekalipun.

Dengan harga jual sawit yang baik secara tidak langsung kami dapat mencukupi kebutuhan dan mensejahterakan petani sawit, bayangkan saja jika dengan harga jual yang rendah seorang petani sawit atau seorang kepala rumah tangga  tentunya belum dapat mencukupi dan membiayai segala kebutuhan keluarganya. Terlebih untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi. 


Semoga apa yang menjadi keinginan semua petani sawit dapat terpenuhi untuk Indonesia yang sejahtera, agar kami khususnya yang berada di pedesaan dapat merasakan hidup sejahtera meskipun masih jauh dari kata sejahtera. Tetapi setidaknya kami dapat menjangkau harga-harga kebutuhan pokok di pasaran. 

Indonesia bisa menjadi hebat, tentunya karena didukung oleh sawit yang kuat. Sebab, sawit menjadi sumber daya yang dapat mensejahterakan jika dikelola dengan baik. 

Komentar

  1. Setuju sekali ini karena kadang memang harga beli hasil bumi nggak seimbang dengan harga harga yang sedang berlangsung dipasaran. Kasian petani kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess mba,benar banget.
      Di daerahku Seluma harga nggak stabil,apalagi menjelang Lebaran. Bisa mencapai di angka Rp. 500,-

      Hapus
  2. Dari sawit ini jadi minyak goreng ya mbak, kaya ya Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,tuk bahan minyak goreng.
      Indonesia memang kaya akan kekayaan alam nya. Tapi sayang harga sawitnya rendah

      Hapus
  3. tempat saya juga banyak kebun sawit dan juga pabrik pengolahannya. Banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya disana. Semoga harga sawit tetap baik ya kak

    BalasHapus
  4. Aku juga setuju mbak kalau Indonesia ini punya sumber daya alam yang luar biasa dan salah satunya adalah sawit. Sawit juga memberikna manfaat dan olahan berbagai jenis kebutuhan rumah tangga.

    BalasHapus
  5. setuju mba, semoga petani sawit lebih maju lagi dan jangan dirugikan oleh mafia-mafia ya. karena produksi sawit kita kan oke loh.

    BalasHapus
  6. Kebun sawit ada waktunya naik daun tapi ada kalanya juga anjlok. Jd banyak sabarnya juga

    BalasHapus
  7. Insyaallah ya, semoga semua masyarakat Indonesia bisa makmur dengan sumber daya alamnya. Pemerintah juga bisa aware sama petani Indonesia. Bismillah.

    BalasHapus
  8. Sering banget dengar kabar bahwa petani sawit itu kaya-kaya. Apakah sawit ini sama seperti padi yang lahannya dimiliki juragan dan ada buruh petani yang mengerjakan? Otomatis, sebenarnya petani padi tuh nggak punya sawah. Makanya nggak hidup sejahtera.

    Kalau ternyata milik sendiri, yang membedakan apa ya kok harga jual bisa beda-beda. Tentunya, ingin sekali kesejahteraan petani bisa merata ya, Kak.

    BalasHapus
  9. Harga jual di tingkat petani itu rendah sepertinya nggak cuma pada sawit. Padahal kalo udah sampai ke konsumen di kota harganya wididaw.

    BalasHapus
  10. Setuju mba, kasihan para petani. Padahal hasil minyak sawit kita gak kalah bagus

    BalasHapus
  11. Sedih ya lihat nasib petani sawit padahal kita konsumsi hasil pengolahan minyak sawit ya dan harganya jadi mahal setelah sampe ke konsumen

    BalasHapus
  12. Semoga bisa mendapatkan yang terbaik. Semangat terus ya untuk petani sawit

    BalasHapus
  13. Mantab ini,harus dilestarikan nih,kebun kelapa sawit ya,khas indonesia banget.

    BalasHapus
  14. Di tempatku (salah satu desa di Sumatera Utara) juga masih banyak masyarakat yang menggantungkan kehidupannya pada hasil sawit.

    BalasHapus
  15. Sawit bermanfaat untuk kita, karena dapat menjadi mata pencaharian dan minyak nya juga masih digunakan untuk memasak ya

    BalasHapus
  16. Di Kalimantan juga banyak banyak banyak tanaman sawit ini. Ya walau pun banyak pro dan kontranya. Semoga petani sawit makin sejahtera

    BalasHapus
  17. Pastilah semua setuju dengan pemikiran ini. Semoga dapat segera membaik dan makin naik. Dari segi kualitas maupun harga yaa

    BalasHapus
  18. Hasil komoditas dari sawit sebenarnya cukup bisa diandalkan. Wajar bila harganya bisa terus tinggi, sehingga bisa membantu menyejahterakan petani sawit untuk kelangsungan hidupnya.

    BalasHapus
  19. Semoga makin banyak anak dan keluarga yang terbantu dengan tetap baiknya harga sawit dan permintaan pasarnya.

    BalasHapus
  20. Amiinn.. semoga harga jual sawit bisa meningkat yaa.. supaya keluarga yang menggantungkan hidupnya dari sawit ini bisa jadi lebih sejahtera..

    BalasHapus
  21. soal sawit ini memang masih banyak sekali pro kontranya, semoga walopun menjadi komoditas di Indonesia, harus tetap memperhatikan keseimbangan alam yaa para petani sawit ini

    BalasHapus
  22. Semoga harga sawit bisa naik kembali dan petani bisa hidup dgn sejahtera .pendapatan desa hingga kabupaten dan provinsi jg meningkat

    BalasHapus
  23. bener ni kl harga sebaiknya memang naik biar petani sejahtera, shg kehidupan ekonominya jg tercukupi

    BalasHapus
  24. Semoga sawit bisa memberi manfaat ekonomi sekaligus manfaat sosial juga buat orang yang ada disekitarnya ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kesehatan & Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Kreasi Bunda Ayeen dan sikecil