Keluarga Berperan Penting Membangun Karakter Anak

Keluarga....


Terbentuk karena adanya suatu ikatan yakni " Perkawinan " , dimana mereka hidup bersama sebagai pasangan suami istri yang sah dalam satu atap.

Keluarga juga merupakan kelompok sosial pertama dan tempat belajar menjadi makhluk sosial. Didalam ikatan pernikahan  pasti juga akan melahirkan keturunan dari setiap keluarga.

Dan tanpa kita sadari dengan seiring berjalannya waktu karakter anak nantinya akan terbentuk didalam suatu keluarga karena adanya komunikasi.

Apakah nantinya karakter anak akan menjadi pribadi yang ramah, fleksibel, terbuka atau bahkan cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Disinilah peran dari orang tua sangatlah penting dalam berkomunikasi terhadap anak, agar nantinya akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.



Saat sebuah keluarga terbentuk karena adanya perkawinan maka komunikasi baru akan terbentuk pula, dimana didalamnya terdiri dari ayah, ibu, dan anak.

" Suatu contoh didalam keluarga saya, pernah suatu ketika karena kurangnya komunikasi antara saya dengan suami berselisih paham hampir sehari - harian dikarenakan salah informasi yang kami terima untuk acara kepernikahan saudara sepupu suami, yang ia ketahui pelaksanaan acara diadakan hari sabtu - minggu.

Sedangkan seingat saya, akan dilaksanakan 3 hari dari jumat. Karena hari tersebut merupakan acara akikah keponakan dari kakak suami saya.

Sebenarnya sangat simpel hal tersebut, dan pemecahan masalahnya juga mudah. Yakni dengan menelepon langsung kekerabat terdekat kapan acara tersebut akan berlangsung.

Dengan menelepon menanyakan secara langsung, akan menjadi jelas. Saya dan suami tidak harus berdiam tanpa kata berhari - hari yang sangat tidak ada faedahnya".

Tentu kita sebagai orang tua tidak ingin hal ini terjadi dilingkungan keluarga.

 Dengan saling berhubungan, berinteraksi satu dengan yang lainnya akan membentuk dinamika, yang menjadikan konflik dalam suatu keluarga dapat diminimalkan untuk menciptakan suasana harmonis dan tentram.

Selain itu peran sebagai orang tua juga diharapkan mengajarkan nilai penting terhadap anak, dengan cara berbagi pengalaman tentang arti kehidupan, arti penting keluarga, arti penting berkomunikasi namun dalam penyampaian yang menarik dan terkesan tidak monoton.

Beberapa ulasan mengapa pentingnya komunikasi didalam suatu keluarga, yakni :
1. Mencegah kekerasan dalam keluarga
Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik akan mencegah kekerasan dalam hubungan keluarga, karena dengan adanya komunikasi yang baik anak akan melihat contoh nyata dalam keluarganya sendiri. 
Karena karakter anak terbentuk atas apa yang ia lihat atau ditiru, jika anak melihat hal negatif dari orang tua. Biasanya sang anak akan cenderung murung dan menutup diri dari pergaulan.

2. Arti penting membangung sifat jujur
Yang perlu dilakukan orang tua yakni menanamkan nilai luhur kepada anak, mengajarkan ia pentingnya kejujuran.
Bila ia merasa nyaman dilingkungan keluarga, maka ia akan berani mengungkapkan perasaan dengan jujur.

3. Terbiasa mendengarkan
Mengajarkan kepada anak karakter yang baik, menjalin komunikasi secara baik pula serta saling terbuka dalam hal ini orang tua dan anak.
Secara tidak langsung orang tua mengajarkan anak untuk saling terbuka dan saling mendengarkan, memecahkan permasalahan bersama, mencari solusi serta jalan keluar permasalahan tersebut.

4. Dapat menyalurkan dukungan
Dengan adanya komunikasi yang terjalin didalam keluarga, maka akan semakin mempererat hubungan. 
Orang tua pun akan selalu mendukung dan mengarahkan anak kearah yang positif

5. Membangun kehangatan 
Keluarga yang utuh dan harmonis terlihat jelas dari pola atau hubungan di dalam keluarga, berbagi cerita, bertukar pikiran atau hanya sekedar bercanda ria. Akan membangun emosional yang kuat, suasana akan terasa hangat.

6. Melatih sikap empati
Jika orang tua mengajarkan sikap empati, maka kontrol orang tua terhadap anak akan lebih mudah. 
Dengan saling mengerti satu dengan yang lain, peka terhadap permasalahan yang ada dan tidak terkesan cuek. akan tercipta keharmonisan didalam keluarga.

Keluarga selalu memberi kehangatan jika di ruang lingkup itu sendiri kita bangun dengan penuh cinta, pun sebaliknya jika kita membangun suasana yang ada didalam keluarga dengan suasana yang dingin, cuek, acuh tak acuh.
Maka kita akan menuaia apa yang kita ajarkan terhadap anak.

Penting sekali menanamkan nilai budi pekerti sejak dini kepada anak, agar untuk bekal ia berada dikehidupan luar.

Mendidik supaya mental dan karakternya siap dan matang.

Dan sebagai orang tua, kita pun bisa mengambil contoh yang positif atas apa yang kita lihat dikehidupan sehari - hari.
Karena sekarang berbagai sumber dan informasi bisa kita dapatkan dengan mudah.

Bukan hal yang bersifat negatif lalu kita terapkan dan kita contoh untuk anak kita.

Semoga kita sebagai orang tua, bisa dan dapat menjadi contoh teladan untuk anak kita. Selalu bersikap positif, tetap menjadi orang tua yang "SMART" agar anak bangga terhadap kita sebagai orang tua nya.



_Happy Selalu_


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kesehatan & Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Kreasi Bunda Ayeen dan sikecil

Mantapkan SDM dengan Tingkatkan Harga Beli Sawit